Selasa, 22 Desember 2009

Negotiation games, untuk kemenangan kita...

Apa yang paling menarik dari lomba pacuan kuda? Benar sekali! Saat saat terakhir menjelang garis finish, kuda kuda nomor berapa yang ada didepan. Ini sama dengan kegiatan procurement ketika melempar tender dan beberapa saat kemudian ada beberapa supplier yang berada didepan, untuk diputuskan siapa yang menang. Disaat itulah moment yang paling menarik bagi purchasing, yaitu mulainya proses negosiasi.

Dengan Supplier mana kita negosiasi ?
Negosiasi dimulai dari pemilihan diantara supplier supplier peserta tender, haruskah 3 besar calaon pemenang saja ataukah dengan semua supplier. Apakah supplier yang paling lemah harus diberikan kesempatan juga?
Saya mempunyai aturan main seperti berikut ini.
Bahwa saya mempunyai daftar supplier yang seringkali menang karena kriteria harga dan lain lain. Bila ada supplier lain yang dibawah rangking mereka dan memberikan harga yang tinggi, maka disaat semua supplier menyerahkan harga, langsung kita lihat dan hari itu juga sampaikan permintaan penurunan harga kepada semua supplier. Saya tidak perlu menunggu tanggal penutupan tender, karena toh mereka akan menjawab dalam kurun waktu tersebut. Dengan demikian kita akan mendapatkan hasil maksimal secara cepat dan memutuskan supplier mana yang membawa kita kepada kemenangan.

Adilkah ini?
Menurut saya ini sangat adil, karena kita akan membimbing semua supplier menyerahkan harga terbaik kepada kita di tender berikutnya. Kita memberi kesempatan luas kepada setiap supplier untuk memberikan penurunan harga mendekati keinginan kita.
Dengan cara ini benefit bagi kita adalah:
1. Memperluas alternatif supplier, jadi mencegah terjadinya 'incumbent supplier' dengan memberi kesempatan yang sama dalam negosiasi.
2. Memperpendek waktu keseluruhan proses tender, karena tidak perlu untuk memulai negosiasi setelah waktu tender berakhir.
3. Supplier akan menghormati kita karena mereka selalu menerima feedback atas tawaran harga awal mereka.

Dalam 4 atau 5 tender berikutnya saya yakin, supplier supplier akan memberikan harga yang paling optimal. Mereka akan mengerti harga yang kompetitif, dan mereka mengerti keseriusan kita melakukan tender.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar