Jumat, 22 Januari 2010

Negotiation Planning

Setidaknya ada 3 dimensi dalam perencanaan bernegosiasi, yaitu:
1. Strategic planning, menajamkan sasaran sasaran jangka panjang dari kedua pihak.
2. Administrative planning, memastikan orang dan informasi, yang akan berkaitan dengan kelancaran negosiasi.
3. Tactical planning, memastikan mendapatkan hasil optimal setelah negosiasi digelar.

Yang paling krusial adalah strategic planning, ada 4 aspek dasar:
1) product - market goal,
2) fact finding,
3) worth analysis,
4) decision making.
Ada masalah yang sering muncul adalah karena kurang mampu memprediksi kondisi pasar dan trend produk kedepannya. Baik supplier maupun purchaser akan kesulitan menemukan hasil negosiasi yang optimal jika tidak ada prediksi yang bisa dipertanggungjawabkan. Purchaser selalu berpikir make or buy, harga total, kualitas yang tepat, persaingan kedepan, dan trend pasang surutnya produk.

Jadi strategic planning dalam bernegosiasi harus dipersiapkan secara specific, dan akurasi yang tinggi. 

Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar