Selasa, 02 Februari 2010

Pentingnya Action Log, untuk ketenangan pikiran.

Apa yang lebih penting dari sebuah goal set up? Bagaimana cara kita mengontrol perkembangan atau pencapaian sebuah proyek? Selesaikah hanya dengan sebuah laporan harian, mingguan, atau bulanan?

Saya yakinkan kepada anda semua bahwa kita sangat membutuhkan display secara terbuka. Kita harus menyajikan perkembangan proyek termasuk masalah yang timbul dan langkah apa yang diambil.

Salah satu alat kontrol terbaik saya sebut dengan nama Action Log. Isinya adalah daftar langkah langkah yang akan ditempuh dengan jadwal selesainya. Sederhana saja,excel file dengan sedikit formating warna merah kalau masih open dan hijau bila sudah tercapai.

Selanjutnya anda bisa menambahkan action action susulan sesuai dengan problem yang muncul. Misalnya problem muncul karena salah satu mesin rusak, butuh waktu lama untuk mereparasi. Maka anda susun langkah langkah detil dalam action log dengan tetap meminimalkan kemunduran terhadap target awal, misalnya ambil action 'ganti mesin yang rusak dengan pinjam dari bengkel, target besok'.

Pengalaman saya dalam action log ini sudah cukup lama, yaitu sejak tahun 2001 namun masih di buku secara manual, baru beberapa tahun belakangan ini saya gunakan program excel. Satu tahun dengan rata rata 20an proyek kecil, saya mencatat 400an action log, sangat membantu kelancaran proyek dan menghemat energi otak saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar