Selasa, 17 November 2009

3 alasan utama membentuk supplier collaboration.

Supply chain dalam era yang sarat dengan persaingan sekarang ini akan sulit untuk tetap berdiri sendiri. Masa lalu memungkinkan sebuah perusahaan menguasai rantai pasokan dari hulu ke hilir dikarenakan perusahaan masih ingin melakukan kontrol produk secara ketat. Hal ini juga menguntunglan bagi pemasok karena memang tidak dinamisnya kondisi waktu itu.

Kembali ke masa sekarang, perubahan besar dalam aliran informasi sangat mengganggu kestabilan rantai pemasok. Informasi yang tersedia menjadikan pemasok mendapat kesempatan untuk melirik perusahaan lain, mungkin harga yang lebih baik, mutu yang tidak harus tinggi, dan ada pula untuk menyesuaikan dengan produktifitas internalnya.

Alasan pertama untuk melakukan kolaborasi dengan supplier adalah untuk mendapatkan kestabilan pasokan dalam harga, mutu terjaga, dan pemenuhan pasar.
Alasan kedua adalah untuk mendapatkan kesempatan meningkatkan mutu produk dimasa mendatang, meningkatkan produktifitas, dan meningkatkan keuntungan bersama.
Alasan ketiga adalah dengan kolaborasi akan dimungkinkan untuk melakukan riset bersama sama dalam strategi pemasaran yang didukung oleh strategi pasokan yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar