Jumat, 13 November 2009

Information availability, apa pengaruhnya terhadap rantai pasokan?

Tetap semangat !
Perusahaan perusahaan sedang menghadapi tantangan tantangan besar yang tak terhitung jumlahnya dalam bisnis dan rantai pasokan. Tantangan itu meliputi persaingan global yang makin brutal, makin kompleksnya rantai pasokan, kebutuhan untuk berkembang dalam marketing sekaligus dalam sumber pasokan, desakan kuat untuk menurunkan biaya biaya, menurunkan proses produksi, menghadapi permintaan yang berubah cepat dan masih banyak lagi.
 
Disaat yang sama, ketersediaan informasi juga mengalami perubahan besar yang ikut merubah pola rantai pasokan global. Sekarang ini kita sudah mengakhiri hirarki informasi konvensional, saat ini kita mulai memasuki era 'real time supply chain'. Era dimana informasi pergerakan rantai pasokan tersedia disaat yang sama dengan pergerakan barang, era dimana informasi tersebut bisa di access secara global oleh pesaing maupun partner. Era ketelanjangan situasi pasar, the real time supply chain visiblility
 
Mengutip kata kata Nick LaHowchic baru baru ini bahwa mulai banyak perusahaan rantai pasokan yang menawarkan kerjasama dalam sharing informasi secara real time. Bahwa kita berada dalam era 'zero latency', yang menggiring kita untuk mulai membuat rantai pasokan bekerja efektif, menggiring kita untuk mengatur ulang dalam perencanaan dan pelaksanaan.
 
Selama ini perencanaan selalu dibedakan dengan pelaksanaan, namun dengan real time informastion visibility seperti sekarng ini, feedback terhadap sebuah perencanaan bisa tersedia sejak dini. Jadi perencanaan dan pelaksanaan adalah menjadi sebuah integrasi kuat yang tidak bisa dipisahkan lagi. Dan dari hasil survey lebih dari 300 perusahaan dunia, 92% responden memperkirakan integrasi perencanaan dan pelaksanaan akan makin kuat kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar