Rabu, 04 November 2009

Menjadi negotiator yang handal ?

Salah satu hal yang paling sering kita lakukan dalam pekerjaan adalah bernegosiasi. Dan tentunya tidak dengan 'apa adanya' kita bernegosiasi jika ingin berhasil.
Ada beberapa tinjauan mengenai apa yang membuat seseorang menjadi negosiator ulung.
 
Karakter seorang executive menjadi referensi awal, mengingat mereka inilah pelaku negosiasi di tingkat tinggi. Yang membuat mereka berhasil adalah achievement oriented atau semangat untuk berhasil, decisive atau berpendirian kuat, intelligent atau cerdas, well organized atau rapi, imaginative atau mempunyai proyeksi kedepan, confident atau percaya diri, sensitive atau peka terhadap perubahan, dan tolerant of uncertainty atau mampu menghadapi ketidakpastian.
Karakter executive ini tidak banyak dari kita yang memiliki. 
 
Kemudian karakter seorang duta besar atau ambasador, yang bermain negosiasi pada level lebih tinggi, yaitu negosiasi antar negara. Keberhasilan mereka di pengaruhi oleh thruthfulness atau keberanian mengemukakan kebenaran, moral accuracy atau moral yang baik, calmness atau ketenangan, tolerance atau mampu bertoleransi, patience atau sabar, dignity atau menghargai diri sendiri dengan baik, dan loyalty atau kesetiaan pada negara. Bahkan ada yang menambahkan duta besar menguasai dengan sangat baik tentang discernment atau menilai sesuatu, prudence atau memberi perhatian, dan courage atau keberanian.
 
 
Tetap semangat,
Tosan
http://thepurchaser.blogspot.com

1 komentar:

  1. jadi tips untuk menjadi negotiater yang handal bagaimana ?

    BalasHapus