Minggu, 15 November 2009

Nokia supply chain, supplier performance terjaga ?

Sebagai salah satu leader dalam industri telepon genggam Nokia mengatur rantai pasokan dengan cara yang bagus. Bagaimana untuk memenuhi permintaan pasar diseluruh dunia dengan stabil tentunya sangat dipengaruhi oleh rantai pasokan yang baik, dalam hal ini supplier yang baik.

Nokia menerapkan tentang keterbukaan dan kepercayaan sebegai aspek utama, karena dengan dua hal tersebut maka performance supplier akan kelihatan secara jelas, hal ini akan memudahkan langkah langkah peningkatan keseluruhan sistim pasokan.

Adalah E-TASC sebuah sistem Electronic Tool for Accountable Supply Chain, yang diperkenalkan pada tahun 2009 ini untuk memungkinkan para pemasok mengisikan data Self Assesment Quesionair secara real time. Supplier mengisikan data secara langsung ke dalam web tersebut.

Para supplier akan memberikan data tentang bagaimana performance mereka terhadap program program yang ditawarkan Nokia. Hal ini akan di nilai oleh para assessor dengan sangat teliti.
Selanjutnya Nokia akan mengaudit secara langsung fasilitas supplier tersebut untuk mengetahui kebenaran dari yang disampaikan dalam quesionair, apakah sudah sesuai dengan rencana produksi Nokia.

Hal penting dalam pemilihan supplier yang diterapkan Nokia adalah kepatuhan terhadap isu lingkungan, limbah, perlakuan karyawan yang adil, dan kemungkinan untuk meningkatkan performance.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar