Senin, 09 November 2009

Pemadaman listrik ? Ada apa dengan service PLN ?

Selamat sore,
Pastilah semua dari kita dikawasan Jakarta dan sekitarnya merasakan jaman batu, dimana tidak ada penerangan, apalagi dinginnya AC atau kipas, ramainya PS anak anak, bahkan serunya acara TV. Ini terjadi karena kita mendapat giliran pemadaman listrik.
Tapi biarlah itu menjadi hal yang ditindaklanjuti oleh yang berkepentingan, saya hanya ingin mengambil topik kecil dari kejadian ini, yaitu betapa sibuknya bagian pengadaan di tubuh PLN sekarang ini, Betapa sibuknya bagian purchasing dengan para purchasernya mencari solusi untuk mereparasi gardu gardu yang rusak, jaringan jaringan yang buruk. Apalagi betapa sibuknya mereka dengan usaha mencari pengganti dari trafo trafo induk yang sudah mulai menua, yang bisa meledak sewaktu waktu ada beban yang membesar.
Nha, secara sistematis inilah kesibukan kesibukan para purchaser untuk menghadapi masa masa lonjakan permintaan kebutuhan:
1. Menata ulang hutang hutang masa lalu terhadap suplier suplier, sehingga akan diketahui berapa dana yang dibutuhkan.
2. Memastikan data kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang, rencana sumber dana, dan data data kerusakan yang tertunda atau dalam proses.
3. Mengelompokkan rencana para pemasok yang akan mendukung program program perbaikan tersebut.
4. Meyakinkan rantai pasokan dengan kontrak kontrak menurut karakter barang atau jasa yang dibutuhkan, yaitu dengan dasar terhadap resiko suplai di banding dengan impact/pengaruh terhadap pendapatan perusahaan.
 
Cukup sekian dulu, moga moga para profesional di PLN sigap dan tepat dalam menangani kesulitan pasokan listrik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar