Selasa, 10 November 2009

Review meeting dalam hubungan kontrak

Tetap semangat !!

Dalam sebuah hubungan kontrak dalam rantai pasokan, review meeting adalah hal yang sangat dibutuhkan.

Dalam meeting tersebut akan didapatkan sebuah gambaran perjalanan kontrak, apakah bisnis proses sudah berjalan sesuai kesepakatan dalam SOP [Standard Operation Procedure], apakah masing masing pihak sudah memberikan kewajiban dan juga menerima hak hak sesuai kesepakatan, juga apakah masing masing pihak merasa puas atau merasa ada yang perlu ditingkatkan aau bahkan dikurangi?

Sasaran yang lain adalah mengidentifikasi resiko dan opportunity  dan mengevaluasi inisiatif inisiatif perbaikan yang sedang berjalan, pencapaian operasional, target target kunci [key risk], dan pencapaian terhadap hal hal yang diputuskan untuk dilakukan dalam review sebelumnya.

 

Dalam review meeting kadang kadang menyentuh hal hal strategis sehingga harus melibatkan para executive, ahli ahli teknis masing masing pihak, dan pimpinan pimpinan kunci dari kedua belah pihak, yang bisa diadakan tahunan atau setengah tahunan.

 

Untuk review yang sifatnya operasional biasanya diadakan per kuartal, yang dihadiri oleh leader leader yang berhubungan langsung dalam operasional.

 

Memang review meeting ini bisa menjadi sebuah pertemuan yang tidak nyaman namun harus tetap dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar