Selasa, 10 November 2009

Purchasing Collaboration antara Pepsi dan Anheuser

Apakah langkah inovatif dari dua raksasa minuman segar ini akan diikuti oleh
perusahaan lain? Karena jelas dalam kolaborasi pengadaan ini target mereka
adalah menurunkan biaya pengadaan material, peralatan kantor, reparasi dan
operasional yang tentunya akan mempengaruhi pasar luas.

Kesepakatan tersebut memberikan kesempatan kepada kedua pihak untuk
mengadakan barang barang dan jasa secara lebih efisien dengan harga yang
sangat kompetitive, tentunya hal ini akan memberi kesempatan
terhadap pengembangan bisnis mereka disektor lainnya. Tim purchasing
gabungan ini terdiri dari expert purchaser dari kedua belah pihak yang fokus
bekerja dalam area pembelanjaan dan melakukan negosiasi harga mewakili kedua
pihak.

Kalau kolaborasi ini berhasil maka akan menjadi titik sejarah baru,
tantangan terbesar justru dari dalam kedua perusahaan, dimana masing masing
sudah mempunyai supplier sehingga harus di rekonsiliasikan. Betapa besar ego
terlibat disisi ini. Ada supplier yang berdasarkan spesifikasi khusus yang
mempengaruhi produk sehingga akan terkuak rahasia keduanya, namun sepertinya
mereka perusahaan yang sama sama agresive dan akan sanggup mengatasi
tantangan internal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar