Kamis, 17 Desember 2009

Anda adalah produk !

Keep raising your value, even in this tough business environment.
Menjadi yang terbaik dalam situasi bisnis yang sulit seperti sekarang ini tidaklah mudah. Banyak perusahaan yang mengurangi k.aryawan, melakukan giliran waktu bekerja, bahkan banyak perusahaan yang tutup. Lalu kemana karyawan karyawan tersebut? Siapa diantara mereka yang berhasil survive dan tetap tampil cemerlang dalam kinerjanya?

Ada beberapa tips yang sangat patut diterapkan, seperti dibawah ini adalah salah satunya.

Anda adalah sebuah produk - ehm, agak aneh kedengarannya namun perhatikan ini. Seorang teknisi mobil akan diharapkan kemampuannya untuk mereparasi kerusakan mobil. Seorang purchaser akan diharapkan kemampuannya untuk mengadakan spare part dengan baik dan tepat. Jadi sebagai sebuah produk anda harus pastikan bahwa anda memberikan yang terbaik, dan mengetahui apa yang diharapkan customer dari anda. Sungguh luar biasa. Lebih jauh lagi, untuk memuaskan pelanggan, sebagai produk anda harus memastikan memiliki kemampuan yang cukup, memastikan memiliki kapasitas yang cukup, dan memelihara tingkat kepuasan pelanggan.

Menjaga hubungan baik - sehebat apapun sebuah produk belumlah cukup untuk memuaskan pelanggan tanpa ada hubungan baik. Sebagai sebuah produk anda harus memastikan adanya pelanggan pelanggan yang akan menikmati produk kita. Anda harus mengetahui hal hal apa yang membuat produk anda pantas diharapkan, cari tahu apa pengharapan mereka dan lakukan strategi untuk melebihi pengharapan itu.
Apakah timeline, kualitas, harga, ataukah service tambahan yang membuat pelanggan berminat?

Pelihara ketajaman kemampuan anda - produk akan terus mengalami perubahan. Anda juga harus memelihara ketajaman melihat kebutuhan pelanggan, pasti ada perubahan pengharapan.

Jika anda berhasil dengan 3 hal diatas, sepertinya anda akan selalu exist di perusahaan manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar