Jumat, 08 Januari 2010

Air Cargo tracking lintas negara

Bila anda harus purchase sebuah produk dari Eropa, bagaimana memastikannya sampai ketangan anda dengan aman?
Potensi masalah cukup besar karena banyak pihak yang terlibat, kultur budaya yang berbeda beda, dan operator yang berbeda pula.
Berikut beberapa tips untuk menundukkan potensi terjadinya masalah.
Persiapan dini - satu minggu sebelum jadwal pengiriman lakukan komunikasi dengan supplier anda. Makin dekat dengan jadwal kita harus makin yakin bahwa pengiriman akan benar benar terlaksana.
Kenali seluruh contact person - pergerakan cargo kita bukan dengan system, namun oleh personnel. Cargo berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan operator manusia, jadi human error kerap terjadi. Anda harus mempunyai data lengkap seluruh personnel di tiap tiap titik pergerakan seperti cargo agent, freighter agent, cargo warehouse, dan juga manager manager operation.
Akses cargo tracking system - karena lokasi kita di Indonesia dan cargo bergerak di wilayah Eropa menuju Asia maka akses cargo tracking menjadi sebuah kebutuhan. Hampir semua provider cargo µmempunyai tracking system, bahkan dengan status yang mendekati sempurna.
Kenali hari/jam kerja - tiap negara mempunyai jam kerja yang berbeda beda. Airport Schipol misalnya, tidak akan melayani pengurusan cargo di hari weekend, demikian juga dengan Cengkareng Indonesia. Sangat mungkin kiriman cargo anda akan terlambat karena libur weekend. Misalnya cargo anda dari supplier di Belgia hari Kamis malam, karena sedikit halangan maka cargo sampai di Schipol hari Jumat malam, saat itu kantor bea cukai sudah tutup. Maka pengiriman ke Indonesia hanya bisa dilakukan hari Senin setelah pengurusan bea cukai diselesaikan. Berarti terlambat 2 hari di titik awal pengiriman. Begitu pula jika terjadi pesawat yang mengangkut cargo anda mendarat di Jakarta pada hari Jumat sore, maka proses baru akan dilanjutkan hari senin.

Berdasarkan pengalaman, pengiriman cargo dari supplier supplier Eropa akan sampai di tangan anda dalam waktu 4-5 hari dengan pesawat udara. Dari Amerika membutuhkan waktu 5-7 hari. Jadi anda harus benar benar memahami bisnis pengiriman cargo untuk menentukan kapan dan dimana harus membeli produk untuk perusahaan anda.

Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar