Jumat, 08 Januari 2010

Motivasi tim, tantangan para leader.

Apakah anda merasa staff anda kehilangan semangat? Adakah diantara mereka ada yang sulit mengerti pijakan dan arah tim anda? Memang kelihatan pelik untuk menjaga motivasi dari seluruh anggota tim, kata terima kasih yang tulus, mungkin akan sangat membantu. Untuk membangkitkan semangat tim purchaser anda berikut beberapa tips:
Reward tim anda dengan baik - hargai tindakan tindakan baik yang ingin anda lihat dari mereka. Berikan senyum dan katakan dengan tulus 'terima kasih'. Lakukan ini saat jam jam pulang, itu waktu spesial, jadi usahakan anda berada diantara mereka untuk mengucapkan terima kasih.
Jangan biarkan berlarut larut - staff yang sedang demotivasi akan menularkan betenya keseluruh tim. Ajak bicara segera, tanyakan apa yang sedang terjadi. Beri mereka kesempatan untuk berterus terang dan sediakan diri anda untuk membantu mereka keluar dari masalah.
Transparan - reward adalah hal yang baik, lakukan dengan terbuka. Hal ini akan membuat seluruh tim mengerti bahwa semua orang mempunyai kesempatan yang sama.
Jangan mengkritik - loyalitas tim dan saling menghargai adalah hasil dari sebuah arahan arahan yang panjang, sedangkan kritikan akan menghasilkan sakit hati. Rajinlah berkeliling dan bicara dengan baik. Temukan segera jika terjadi masalah, beri arahan kepada mereka untuk mencari solusi bersama dan keluar sebagai juara.
Umumkan keberhasilan - anda akan terkejut melihat efek dari pengumuman keberhasilan ini. Jika anda berhasil mengumumkan kesuksesan tim anda didepan banyak pihak maka perasaan bangga akan mengalahkan jumlah insentif yang mereka terima dan akan mengembalikan motivasi mereka. Sebaliknya sampaikan secara tertutup jika terjadi kegagalan untuk menjaga wibawa anggota tim.

Jangan terburu buru, membangun motivasi tim tidaklah cukup dengan segala teori diatas. Motivasi tim akan terbentuk dari sebuah perjalanan panjang. Jangan merasa lelah dan bosan karena bagi anda motivasi tim yang baik akan meningkatkan produktifitas. - Chip Lutz, a professional speaker, trainer

2 komentar:

  1. arikel bagus. dalam bekerja motivasi lebih meningkatkan produktivitas. apalagi jika manjemennya tahu tentang memotivasi karyawannya.

    BalasHapus
  2. Benar, moga moga berguna bagi kesuksesan anda. Salam.

    BalasHapus