Selasa, 12 Januari 2010

Good Leaders, kebutuhan utama perusahaan

Apa yang membuat sebuah produk mampu bertahan dari waktu ke waktu sekaligus meraih keuntungan yang tinggi? Pengembangan leadership adalah jawabnya.
Paul Polman - Unilever Internasional mengatakan bahwa dalam perjalanan karirnya banyak pelajaran tentang leadership yang dapat diambil.
Diantaranya adalah adanya tujuan yang mendasari semua tindakan dan memiliki nilai nilai pribadi luhur.
Bila nilai nilai luhur seseorang seirama dengan nilai nilai luhur perusahaan, maka dia mempunyai kesempatan mencapai kesuksesan yang besar. Jika tidak, jangan harap sebuah kesuksesan akan terjadi karena dalam diri mereka timbul pertentangan, bahwa mereka harus menjadi aktor yang memerankan nilai nilai yang berbeda. Kita semua memahami arti keseimbangan antara pribadi dan keluarga dengan pekerjaan, kesesuaian nilai nilai luhur sangat penting.

Berikutnya adalah pengertian terhadap pentingnya sumber daya manusia. Pada awal karir  sebagai manager yang sering terjadi adalah self centered, merasa bahwa karyawan adalah alat mencapai sukses pribadi, merasa bahwa mereka tidak perlu dikelola dengan baik. Namun pada satu titik, mereka akan sadar bahwa mereka harus mampu meningkatkan kualitas karyawannya. Karena kualitas karyawan akan turut menentukan keberhasilan seorang leader.

Kemudian kesadaran akan sebuah tanggung jawab kepada masyarakat luas. Pengertian terhadap kebutuhan masyarakat luas dan bekerja dengan sungguh sungguh untuk mewujudkannya akan memberi kesempatan kepada perusahaan dikenal lebih luas dan meraih kesuksesan jangka panjang. Masyarakat membutuhkan produk yang aman bagi kesehatan, jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagian masyarakat hanya butuh produk yang murah namun mengabaikan keamanan. Ada banyak variasi kebutuhan didalam masyarakat kita, kewajiban perusahaan sebagai produsen adalah tanggung jawab meberikan produk yang baik, bukan asal murah.
Di Unilever kebutuhan masyarakat dunia akan produk yang ramah lingkungan mendapat dukungan dari semua leadernya jadi tidak heran kalau produk produk mereka mendapat sambutan hangat pula dari dunia luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar