Minggu, 10 Januari 2010

Mengajak raja pesiar dengan bahtera.

Kapankah waktu yang tepat bagi anda untuk mendapatkan harga yang bagus dari supplier? Tentunya tidak pada order order pertama. Judul diatas adalah salah satu strategi perang Tzun Tzu yang sering saya terapkan.
Setelah beberapa order kita terbitkan untuk pembelian sebuah produk, biasanya kita bisa menarik kesimpulan supplier mana yang paling bagus. Saat itulah jadikan dia raja, anda harus menjalin hubungan bisnis yang lebih baik, penuhi kode etik bisnis. Hargai kontribusi mereka terhadap proses produksi kita. Setelah itu mulailah anda mengusulkan penurunan harga, mungkin mereka akan bertanya "Mangapa, bukankah harga kami sudah bagus selama ini? Lagipula harga kami tidak ikut naik seperti yang lain".
Hal ini sering diutarakan oleh supplier, tapi menurut saya makin besar bisnis harus makin besar profit yang didapat dari hubungan itu. Jadi kita berkewajiban untuk menurunkan harga barang barang mentah dari setiap supplier. "Benar bahwa anda tidak menaikkan harga, namun perlu kami sampaikan bahwa rencana bisnis panjang kami seperti ini, akan ada lonjakan produksi sebesar sekian persen, dan saya ingin anda tetap bersama kami saat momen itu datang" mulai kita terapkan strategi mengajak pesiar dengan bahtera mewah.
Tentunya anda tidak boleh berbohong dengan rencana bisnis perusahaan anda.
"Kami juga ingin mendapatkan profit optimal nantinya, jadi mari kita atur kesuksesan bersama dari sekarang" pelayaran dengan bahtera terus berlanjut. Para supplier mempunyai kecenderungan yang sama yaitu senang bila sedikit usaha tapi pasti berkelanjutan. Mereka pasti bersedia mengatur kembali beberapa poin demi kelangsungan bisnis dengan kita. Mereka akan bersedia berhitung untuk kesuksesan bersama, mengarungi bisnis dengan bahtera.
Ada beberapa supplier saya yang baru menyadari bahwa ternyata telah memberikan banyak profit kepada saya yang tidak diberikan pada orang lain setelah beberapa tahun bekerjasama, misalnya klausul rebate tahunan sampai 10%, discount langsung, dan penurunan harga dari bisnis volume yang makin besar. Mereka tidak menyesal karenanya, bahkan terlihat gembira dengan kebersamaan yang berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar