Sabtu, 02 Januari 2010

Pentingnya percaya diri dalam bernegosiasi

Bisakah kita tampil percaya diri ketika bernegosiasi? Bisakah percaya diri dipelajari? Jawabnya adalah bisa.
Berikut adalah 4 hal yang harus dikerjakan untuk tampil percaya diri dalam negosiasi.
1. VISUALISASI - sejak awal memulai negosiasi, visualisasikan hasil cemerlang yang ingin anda capai. Jabat tangan puas dengan supplier dan senyum mengembang. Visualisasikan rasa puas anda karena berhasil mendapat harga yang optimal. Pastikan anda mampu melakukan visualisasi ini karena hal itu akan memberikan kekuatan yang dahsyat dalam diri anda.
2. UCAPKAN - ucapkan dengan lantang sebelum berangkat bahwa anda adalah 'I am a good negotiator, that's right!' Pancaran power ini akan dirasakan oleh lawan. Pengucapan seperti ini akan menguatkan percaya diri anda.
3. BAHASA YANG KUAT - gunakan bahasa atau kalimat kalimat yang kuat. 'brosur anda menyebutkan harga sudah termasuk service 3bulan, tapi dalam surat penawaran ini ada harga tambahan untuk service tersebut. Mana yang benar?' Kalimat ini memberikan kesan lemah. Sebaiknya anda mengucapkan 'brosur anda menyebutkan harga sudah termasuk service 3bulan, tapi dalam surat penawaran ini ada harga tambahan untuk service tersebut. Tolong perbaiki surat penawaran anda lebih dahulu'. Kalimat ini menguatkan maksud dan target kita. Anda menunjukkan rasa percaya diri yang besar dan tidak mudah lepas kontro.
4. TINJAU ULANG - setiap tiba saat istirahat selama masa negosiasi tanyakan pada diri anda 'Was I confident? Apa yang harus aku perbaiki untuk tetap tampil percaya diri?'

Jangan berkecilhati, apa saja bisa terjadi. Bersiaplah menghadapi pertanyaan pertanyaan dari supplier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar