Senin, 04 Januari 2010

Membenahi performance supplier yang memburuk

Sisi lain dari memberi penghargaan terhadap supplier yang berkinerja baik adalah membenahi supplier yang berkinerja buruk. Jika menurut anda kinerja suatu supplier menunjukkan penurunan, maka anda perlu mengadakan rapat dengan mereka untuk mengembalikan kinerja yang baik.

Hal hal yang harus dilakukan jika kita merasa perlu mengadakan rapat untuk perbaikan kinerja adalah sebagai berikut:
1.Jadwalkan pertemuan – yang mana harus sesegera mungkin begitu indikasi kinerja menunjukkan penurunan. Untuk mencegah makin buruknya kinerja adalah alasan utama penjadwalan pertemuan ini.
2.Tegaskan agenda pertemuan – tujuan utama rapat adalah untuk bersama sama merumuskan langkah langkah perbaikan. Bukan untuk menghakimi supplier, tetapi semata mata untuk mencegah terjadinya penurunan profit bagi kedua belah pihak.
3.Siapkan materi rapat – sebelum datang dalam rapat, minta supplier anda untuk menyiapkan data data yang actual. Tidak mungkin pertemuan akan sukses tanpa mengetahui akar permasalahan yang sebenarnya. Jika supplier anda belum siap dengan data lebih baik rapat ditunda. Besar kemungkinan kita akan berhasil membenahi kinerja mereka untuk kepentingan bersama bila supplier kita mampu memberikan data yang akurat tentang akar permasalahan yang terjadi.
4. Hasil rapat yang optimal - meeting atau rapat harus menghasilkan hal hal sebagai berikut: menyetujui rencana rencana perbaikan yang akan diambil dan menentukan bersama jadwal pelaksanaannya, kemudian menyetujui cara cara maupun alat alat kontrol terhadap pelaksanaan perbaikan.

Bila usaha anda ini tidak dihargai oleh supplier, maka anda berhak untuk menoleh kepada supplier lain. Walaupun bukan jaminan juga kinerja supplier yang baru akan baik selamanya. Jadi selalu ada langkah langkah kontrol dan koreksi atas kinerja mereka. -NLP,Managing Supplier Performance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar