Selasa, 05 Januari 2010

Mencari waktu yang tepat untuk mendapatkan harga yang optimal.

Bagaimana jika anda merasa harga yang diberikan masih bisa ditawar namun sulit ditembus? Adakalanya supplier bertindak demikian karena alasan alasan tertentu misalnya karena yakin produk mereka yang paling bagus.
Pernah terjadi ketika seorang purchaser sedang mendapat tugas untuk mencari 5 unit mobil untuk keperluan operational. Dari seller dia diberikan harga 124 juta per unit. Negosiasi berlangsung cukup alot selama beberapa hari. Purchaser menginginkan harga dibawah 110 juta per unit, mengingat bahwa 5 mobil bukan jumlah yang sedikit. Sampai pada satu titik dimana dengan mengatur sejumlah fitur dan asesoris harga per unit dipatok 120 juta.
"Ini harga paling kompetitif dipasaran" kata seller. Dan memang harus diakui oleh purchaser bahwa harga tersebut memang bagus. Tapi purchaser kita ini belum juga puas,
"Saya masih menginginkan harga 117 juta per unit, saya harap anda masih bisa mempertimbangkannya" kata purchaser. Namun seller keberatan.
Suatu ketika purchaser mengetahui bahwa pada hari tertentu sang seller akan cuti atau libur. "Inilah saat yang tepat" pikirnya. Bergegas dia melakukan persiapan lalu mengangkat telpon menghubungi General Manager atau atasan seller tersebut.
"Tidak biasanya saya menghubungi anda sebagai GM, namun karena waktu yang mendesak, ini saya lakukan. Saya sedang dalam negosiasi akhir dengan seller anda untuk 5 unit mobil, dengan spesifikasi seperti ini, harga dari anda 120 juta per unit. Saya ajukan penawaran terakhir sebesar 117 juta, namun belum mendapat balasan dari seller anda" demikian percakapan dibuka.
"Maaf saya informasikan kepada anda bahwa hari ini saya harus mengambil keputusan akhir, untuk itu saya mengajukan penawaran harga kepada anda sebesar 117,5 juta per unit. Saya yakin harga ini sangat bagus untuk kita sekarang dan masa nanti"
Purchaser melanjutkan dan sengaja setelah mengucapkan kalimat ini dia berdiam diri selama hampir 10 detik. Ini untuk memberi waktu kepada GM mengolah pembicaraan.
Beberapa detik kemudian terdengar suara dari GM "Mengingat besarnya hasrat dan usaha anda terhadap kami, maka harga 117,5 juta anda kami luluskan. Kami tunggu segera surat order dari anda".
Hampir meloncat dari kursi mendengat balasan ini "Saya senang mendengar ini, dan hari ini juga saya akan serahkan surat pesanan dari kami".
Kejadian ini sangat menginspirasi, dimana kemauan yang keras, kejelian mencari waktu, dan kejujuran menyampaikan data, dibayar dengan harga yang sangat bagus.

Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar