Selasa, 09 Maret 2010

Apakah suramnya kondisi ekonomi berpengaruh pada sourcing/tender anda?

Memang ada beberapa kondisi sebelumnya, dimana supplier akan berusaha mati matian untuk mendapatkan order sebanyak mungkin dalam sitasi ekonomi yang sulit. Namun kali ini cukup berbeda. Supplier tidak berpikir semudah itu lagi, sehingga respon mereka terhadap tender/quotation atau penawaran kita tidaklah segiat dulu.

Mengapa hal ini terjadi?
"Dengan kondisi ekonomi sekarang, hampir semua supplier merasa berat ketika waktu dan sumber daya mereka diperhitungkan" kata Kathlen Daly, Source One Management Services. " Quotation atau penawaran yang kompleks dan panjang prosesnya membuat supplier tidak berkehendak untuk menjawabnya, karena mereka merasa sumber daya mereka tidak memadai untuk memproses panawaran anda, atau karena mereka merasa tidak akan mendapat kesempatan pasti untuk menang".

Prinsip tender yang cukup mendasar adalah makin besar kompetisi atau makin banyak supplier yang berpartisipasi dalam tender maka harga akan makin kompetitif. Hal ini akan mendorong anda untuk terus menghubungi supplier supplier supaya mereka terus rajin berpartisipasi ditengah sulitnya dunia bisnis. Caranya? Simak tips dibawah, lakukan terhadap supplier 10 besar anda.
1. Beri motivasi kepada supplier  - dengan cara yang berbeda, yaitu hubungi atau telpon/sms untuk menjelaskan kondisi tender nantinya sebelum mengirim tender tertulis.  Hal ini akan memberi mereka kesempatan lebih banyak, dan akan lebih siap.
2. Beri mereka kesan bahwa anda adalah rekan bisnis yang baik - dengan menawarkan kolaborasi kolaborasi jangka panjang, lebih terbuka atau tidak menunjukkan kerahasiaan seperti jaman dahulu.
3. Beri mereka pelaksanaan etika bisnis yang optimal - selesaikan administrasi dengan baik, beri kabar hasil setiap tender dan bimbing mereka bagaimana supaya berhasil kelak [bukan dengan cara negatif].

Memang akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal hal diatas, namun dimasa depan purchaser dan supplier adalah dua bagian yang akan menentukan operasional sebuah perusahaan.

--
Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar