Rabu, 10 Maret 2010

Motivasi dan yang mempengaruhinya

Pada masa masa sulit maupun normal, isu motivasi karyawan selalu menjadi topik menarik. Benarkah banyaknya kenaikan gaji akan berpengaruh negatif, apakah perhatian terhadap masa depan karyawan membawa pengaruh positif?
Berikut adalah hasil survey yang diadakan bulan Juni 2009 dengan responden 1047 orang dari eksekutif sampai karyawan biasa, dengan hasil sebagai berikut:
1. Segi insentif dalam bentuk uang - hanya 52% responden menjawab bahwa kenaikan gaji tahunan akan membawa dampak positif bagi motivasi, sedangkan 60% menjawab pemberian insentif berdasarkan performance karyawan akan berpengaruh terhadap motivasi.
 
2. Segi insentif bukan dalam bentuk uang - 67% responden bersaksi bahwa pujian atau penghargaan spontan dari managernya akan membawa pengaruh pada motivasi karyawan, 63% responden menjawab bahwa motivasi berasal dari perhatian dari para leadernya, dan 62% responden bersaksi bahwa kesempatan untuk memegang tanggung jawab terhadap proyek atau task force akan membawa pengaruh terhadap motivasi. 
 
Dari segi frekuensi atau seringnya isu isu mempengaruhi motivasi karyawan maka kenaikan gaji berkala tahunan menempati rangking tertinggi denan 71% responden membenarkannya, rangking kedua adalah 68% kenaikan insentif berdasarkan performance karyawan, ketiga adalah seringnya penghargaan spontan atau pujian dari managernya sebesar 68%.
Lalu bagaimana dengan seringnya mendapat kesempatan menjadi pemimpin proyek atau task force? Ternyata 54% bersaksi ini sumber motivasi rangking ke-empat. - McKenzey Qurterly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar