Sabtu, 24 April 2010

Interpersonal skill untuk negosiasi.

Jika anda mengusahakan hasil terbaik dalam negosiasi jangan pernah berpikir bahwa anda sedang berhadapan dengan musuh.
Anda harus bisa membawa suasana berkolaborasi, suasana yang terasa tidak saling menjatuhkan. Suasana yang apapun hasilnya akan terasa sebagai kemenangan bagi kedua pihak.
Berikut adalah 3 hal yang harus anda rancang sebelum bernegosiasi.
Dengarkan lawan negosiasi anda - Fakta bahwa masing masing pihak sudah memiliki ide atau sasaran, tentu kedua pihak ingin idenya didengar. Pastikan anda menunjukkan perhatian penuh ketika lawan negosiasi. Kalau anda mengabaikan ini dan lawan merasa tidak didengarkan, suasana permusuhan akan membuat mereka akan berusaha supaya anda gagal dalam negosiasi itu.
Hormati ide ide lawan - Setiap negosiator merasa bangga dengan ide ide mereka, mentertawakan ide ide mereka akan membuat mereka tersinggung. Katakan 'Ide anda brillian, namun saya khawatir akan banyak hambatan dalam kondisi kita saat ini' daripada mengatakan 'Ide anda buruk untuk kondisi kita'.
Tujuan negosiasi untuk sukses bersama - Jika lawan mulai menunjukkan penekanan atas ide mereka, ingatkan bahwa anda sedang berhadapan untuk kesuksesan bersama. Walaupun terkadang suasana negosiasi memanas karena keinginan yang susah disetarakan usahakan anda lebih dulu ingat akan hal itu.

Sebagian besar negosiator akan merasa sangat kecewa bila dia merasa kalah, untuk itu siapkan diri anda untuk selalu siap menerima apapun hasilnya. Saya kira dengan 3 hal diatas anda akan mampu menghasilkan mendekati yang anda harapkan sekaligus hubungan yang tetap terpelihara baik dengan lawan lawan negosiasi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar