Senin, 26 April 2010

Nilai lebih menjadi Purchaser

Menjadi Purchaser akan sangat menyenangkan bila anda menyadari beberapa hal berikut ini:
Purchaser dilatih untuk menjadi ahli dalam hal cost saving seperti teknik negosiasi dan tender strategis. Engineer dan lain lain departement tidak dilatih untuk itu, mereka cenderung rela membayar harga yang tinggi yang bisa memberatkan keuangan perusahaan.

Departement Purchasing dilengkapi dengan tools atau alat bantu berupa program program cost saving lebih powerfull daripada bagian lain. Sangat menarik jika tiap semester anda sebagai Purchaser bisa melaporkan beberapa harga pembelian yang memberikan rentang profit besar kepada perusahaan.

Purchaser akan terus mencari supplier terbaik untuk produksi, sehingga bisa saja harga tahun depan menjadi lebih rendah dari harga tahun ini melalui proses negosiasi. Department lain cenderung mengikuti kenaikan harga akibat inflasi.

Dengan luasnya cakupan ruang kerja Purchaser, maka mereka lebih mengetahui kondisi perusahaan secara lebih besar. Dari sana lahir ide ide cemerlang untuk memberikan barang dan jasa yang makin kompetitif sehingga profitable perusahaan akan makin besar.

Purchaser terlatih untuk melakukan evaluasi terhadap para supplier, jika ada yang menunjukkan gejala menurun performancenya maka segera diambil langkah langkah cepat dan terstruktur.

3 komentar:

  1. Sangatlah jarang ditemukan artikel yang mengupas tentang Purchaser sebagai profesi yang membanggakan. Seseorang lebih bangga dikenal sebagai seorang engineer ketimbang purchaser, padahal purchaser adalah profesi yang menggabungkan banyak keterampilan demi mewujudkan perusahaan yang full profit.
    Ditunggu deh kehadiran artikel lain yang serupa.
    Hidup Purchaser!!!

    BalasHapus
  2. orang pelupa bisa menjadi purchaser ga ya >.<
    saya stres jadi purchaser, ini itu catat...
    karena pelupa, lagi - lagi lupa catat...
    hari H baru tau.. MANTAP!!!

    ngomong2 gaji purchaser berkisar berapa ya?

    Hidup Purchaser!!

    BalasHapus
  3. Sya baru sekitar 2 minggu diangkat sebagai purchaser,sebelumynya saya sebagai operator gudang,bisa dibilang ini sebuah tantangan untuk saya.saya minta komentar" atau masukan" dari para senior" purchaser saya tentang tugas" seorang purchasing..
    trims
    salam hangat..^_^

    BalasHapus