Senin, 26 Oktober 2009

Mempertahankan rantai suplai yang stabil

Tetap semangaat!

Setidaknya ada 5 hal yang harus kita pastikan agar rantai pasokan kita akan stabil dari waktu ke waktu. Hal seperti ini menjadi tuntutan sebuah perusahaan, karena pasokan material maupun jasa akan menentukan kelancaran produksi.

Hal hal tersebut adalah :

1.       Optimization:  yaitu dengan meninggalkan proses proses manual, dan mengganti dengan IT dan system otomatis yang memadai. Karena proses manual tidak akan mampu mengatasi kompleksitas pengambilan keputusan yang semakin cepat.

2.       Synchronization:  yaitu antara konsumen dan pemasok atau supplier bekerja sebagai satu kesatuan, saling memberi data sebagai acuan bersama.

3.       Profitability: yaitu memastikan bahwa proses rantai pasokan adalah memberikan keuntungan yang bagus, bisa berupa pengurangan biaya proses atau pengurangan jumlah barang.

4.       Adaptability: yaitu bahwa proses rantai pasokan mampu beradaptasi dengan naik turunnya jumlah kebutuhan. Jadi visibility atau penunjukan sangat dibutuhkan disini, jangan sampai ada kerugian karena stockout atau overstock, jangan sampai terjadi ketidakseimbangan dalam cashflow.

5.       Velocity:  yaitu fokus dalam percepatan pergerakan pasokan material, pergerakan informasi dan penerimaan uang.

 

Demikian hal hal yang akan menjadikan rantai pasokan menjadi stabil.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar