Selasa, 27 Oktober 2009

Purchasing strategies: Menumbuhkan Strategic Partnership

Tetap semangat !!

Masa masa sulit seperti sekarang ini dalam dunia bisnis, kita harus jeli dalam melihat peluang peluang maupun potensi potensi hambatan. Kita bagi menjadi 2 hal penting, yaitu barang dan jasa yang memberikan impact terhadap profit kita dan barang dan jasa yang mempunyai resiko kelangkaan pasokan.

Terhadap item yang resiko kelangkaannya tinggi misalnya tetapi mempunyai impact yang tingi terhadap profit kita maka perlakuan khusus untuk mengurangi resiko tersebut adalah dengan menumbuhkan partnership jangka panjang [stretegic partnership]. Dengan partnership itu maka saling percaya dan saling memegang komitmen dalam beroperasi bersama akan nyata nyata menurunkan resiko diatas.

Disamping itu dengan partnership jangka panjang maka akan memungkinkan meningkatkan kualitas produk, kestabilan stock, ketepatan waktu pengiriman, design design baru, dan pemangkasan biaya tentunya [Tuten and Urban, 2001; Hadeler and Evans, 1994].

Pemasok dan pembeli keduanya terlibat dengan baik sehingga saling menumbuhkan ketergantungan satu sama lain.  Saling ketergantungan ini cukup tinggi karena hubungan bisnis yang erat.

 

Nha, mulailah anda menentukan item item apa saja di perusahaan yang termasuk beresiko kelangkaan tinggi sekaligus sangat berpengaruh terhadap profit atau keuntungan perusahaan. Selamat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar