Selasa, 24 November 2009

Apakah Supplier anda percaya pada anda?

Mungkin purchaser akan bertanya tentang apa pentingnya kepercayaan supplier? Mengapa harus diukur?
Jawabnya adalah yes.., sangat perlu mengetahui tingkat kepercayaan supplier kepada kita karena alasan performance dan profit perusahaan.

Jika supplier tidak menaruh kepercayaan kepada purchaser maka yang akan terjadi adalah tidak totalnya pelayanan mereka.

Supplier tidak percaya bahwa kita akan membuat keputusan yang fair, maka mereka akan cenderung mencari sendiri hal hal yang bisa dilakukan untuk mempengaruhi keputusan. Hal ini akan menyita waktu mereka untuk fokus pada bisnis, fokus pada pelayanan.

Supplier yang tersita waktunya untuk hal hal diatas, tidak mungkin melakukan kreatifitas dalam pelayanan sehingga kitapun akan terjebak dalam keajegan produk. Coba kalau pesaing kita memiliki kepercayaan yang tinggi dari suppliernya, mereka akan lebih kreatif dalam inovasi produk karena didukung oleh supplier yang kreatif, akan meninggalkan kita dalam persaingan pasar, akibatnya profit mereka lebih baik dari kita.

Bagaimana membina kepercayaan dengam supplier.
Beberapa hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Fokuslah pada pendapat para supplier terhadap kita. Jangan tanya hanya pada satu dua supplier, tanyalah kepada dari yang loyal, dari yang biasa saja dan dari yang paling buruk. Tidak semua pendapat mereka adalah cerminan kita, namun perhatikan manfaat dari berbagai pendapat ini.
2. Akomodasi hal hal apa yang mereka harapkan, dengarkan dengan baik, dan berikan tindaklanjut yang benar. Ada hal hal yang mereka tidak katakan tetapi mereka harapkan sebenarnya, tuluslah dalam hal ini sehingga kita mampu menggali kebutuhan mereka.
3. Lakukan kunjungan informal untuk menunjukkan perhatian kita terhadap kepentingan mereka. Ini akan menunjukkan kepada mereka betapa kita serius berbisnis dengan mereka.

Seperti layaknya perhatian kita terhadap mereka maka merekapun akan menaruh kepercayaan tinggi kepada kita. Dan performance perusahaan serta profit perusahaan akan mudah dikendalikan. Kalau kita mempunyai kepercayaan yang tinggi dari supplier kita, maka kita akan siap bersaing dengan perusahaan lain.

Selamat bekerja.
Tosan S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar