Kamis, 03 Desember 2009

Hati hati dalam negosiasi, gembiralah...

Hal hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam bernegosiasi perlu kita cermati sebagai seorang purchaser. Menarik dan sangat simple, mengenai persiapan, taktik, dan anjuran anjuran yang ternyata sering kita alami dalam kehidupan sehari hari.

1. Advance research, atau meneliti terlebih dahulu tentang apa yang akan menjadi harga kita.
Riset ini akan sangat mempengaruhi hasil negosiasi. Jika kita tidak mengetahui terlebih dahulu apa itu win win solution dari apa yang kita negosiasikan maka kita tidak akan mempunyai arah yang jelas. Ujung ujungnya kita akan merasa win padahal itu hanya sedikit saja.

2. Selalu siap untuk berkata tidak.
Jika anda sudah melakukan tawar menawar sekian lama dengan sales mobil, anda harus berani mengatakan "tidak, harga mobil ini tidak sesuai dengan yang saya harapkan" Dan yakinlah, anda akan terkejut melihat sales tersebut langsung memberikan sekian penurunan harga. Jadi, siapkan berkata tidak walaupun negosiasi sudah berjalan berhari hari lamanya karena akan selalu ada tawar menawar.

3. Fly solo, satu suara.
Jangan sampai anda menawar harga rumah mengajak teman anda, dia akan menambah bingung dengan pendapatnya sendiri tentang cat, bentuk genting, tetangga, dll.
Ciptakan satu suara jika anda harus bersama tim dalam negosiasi, latih sebelum bertanding.

4. Bertemulah dengan sang kapten.
Seberapa sering kita melakukan negosiasi dengan orang yang kurang tepat, dengan orang yang bukan pengambil keputusan. Untuk itu, yakinkan bahwa anda hanya akan benar benar yakin mendapatkan win win dari sang kapten. Jangan ragu untuk bertanya 'apakah anda orang yang akan mengambil keputusan?'

Selamat bernegosiasi, bergembiralah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar