Kamis, 10 Desember 2009

Prediksi tahun 2010, masihkah rantai pasokan fokus pada cost reduction?

Prediksi tahun 2010, masihkah rantai pasokan fokus pada cost reduction?

Tahun ini hampir berakhir, tahun yang berat dalam rantai pasokan. Semua prioritas dikalahkan dengan tema Operational Cost Reduction. Bagaimana dengan tahun tahun kedepan? Survei diadakan oleh Gartner SCDigest untuk mengetahui apa yang akan dilakukan oleh perusahaan perusahaan, lengkapnya silahkan ke scdigest.com.


Forecasting enhancement.
Forecasting adalah kegiatan meramal masa depan, menerawang kemungkinan masa depan, mengurangi kondisi ketidakpastian dimasa depan. Forecasting adalah pekerjaan yang cukup sulit dilakukan dan juga dikomunikasikan. Haruskan forecasting dijadikan urutan teratas dari list target pencapaian perusahaan ? Hal itu juga akan menjadi subyek perdebatan, namun yang jelas tingkat akurasi dari peramalan ini akan berdampak sangat besar terhadap ratai pasokan dan pencapaian perusahaan.
Demikian penting pekerjaan forecasting ini namun ternyata banyak perusahaan yang mengurangi para expert forecasting dalam rangka cutting operational cost.

Ekonomi menunjukkan trend membaik, mulai lepas dari resesi dunia. Fungsi forecasting menghadapi tantangan terbesar, memilih strategi konservatif akan mengakibatkan kehilangan market share jika ternyata ekonomi membaik secara significant. Namun sebaliknya, jika forecasting dibuat agresif maka ancaman overstock akan terjadi bila ternyata ekonomi membaik dengan lambatnya. Objective dari forecasting adalah ketepatan angka order. Bagaimana dengan pesanan yang variatif? Bagaimana membuat rantai dengan pemasok dalam kondisi seperti ini?

Untuk anda yang menjalankan fungsi forecasting ini, mulailah perdalam ilmu ilmu meramal, latihlah dengan beberapa kasus sederhana, dan gunakan tools tools forecasting yang sangat menarik.

Selamat bekerja.

Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar