Selasa, 08 Desember 2009

Super Supply Chain Country.

Baru saja diluncurkan sebuah promosi yang cukup mengguncang pasar mobile computer. Cukup menarik judulnya "Don't by a netbook, get Acer Timeline", tentunya ini mengarah pada salah satu brand. Terlepas dari opini mereka tentang kedua produk tersebut, mari kita coba menguak apa efek perang ini terhadap supply chain management dari perusahaan netbook.

Operation Management, Superb..!
Hampir semua industri komputer melakukan pabrikasi card card dan modul modul di perusahaan Taiwan. Sangat cepatnya perubahan pasar tidak menguncang daya pabrikasi perusahaan perusahaan negeri tersebut. Selalu lahir inovasi inovasi baru, setiap seri baru muncul hampir pasti dilengkapi dengan fitur fitur yang lebih maju, dan sangat kagumlah kita dengan Taiwan karena kecepatan mereka beradaptasi. Patut kita bertanya bagaimana operational management mereka, bagaimana purchasing operation mereka, bagaimana pengaturan sumber daya mereka. Indonesia hanyalah pecundang dibanding mereka. Pantas disebut super operation management.

Kita ambil contoh saja, processor ATOM yang mendukung kebanyakan netbook, belum sempat berkembang jauh, sudah digerus habis oleh processor kebanyakan laptop. Bagaimana kemudian produsen ATOM merespon hal ini, jelas kerugian sudah ada didepan, apakah langsung menjual murah semua ATOM processor, atau mendapatkan customer baru yang masih mencoba mengeruk keuntungan dari netbook. Hal hal itulah yang membuat kagum bangsa bangsa lain. Bahwa produsen industri komputer harus menghadapi situasi yang kita sebut sebagai TOP UPGRADE & INOVATION industry, dan negara tersebut mampu memimpin industri ini.


Kira kira ada berapa banyaknya ilmu ilmu yang mereka punyai sebagai modal bertarung di industri komputer? Dikalangan akademis begitu banyak ilmu, diantanya adalah Corporate Strategy, Decision Making tools, Market Intelligent, Uncertainty management, dan juga Opearation Management. Banyak pebisnis negara kita memiliki keahlian ilmu ilmu tersebut dan kemungkinan kita siap bertarung di industri yang sama, belum ada yang berani menunjukkan I WANT BRAND !
--
Tosan S
http://thepurchaser.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar